Beberapa Tips Agar ASI Berlimpah

Produk

ASI mengandung banyak nutrisi dan penting bagi tumbuh kembang bayi. Sayangnya tak semua wanita memiliki ASI berlimpah. Tapi tak perlu berputus asa, ada trik yang bisa dilakukan agar ASI lancar dan berlimpah.

Setelah melahirkan, tugas seorang mama adalah menyusui anaknya dengan ASI eksklusif. Tapi tidak semua wanita sehabis melahirkan dianugerahi ASI yang banyak. Sedangkan awal-awal bayi lahir, is sangat membutuhkan ASI selama 6 bulan, karena ASI merupakan makanan utama bayi yang baru lahir. ASI harus diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama agar manfaat ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Rutin memberikan ASI pada enam bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena zat antibodi pada ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Jadi untuk para Bunda yang mungkin awal masa menyusui ASI-nya masih belum lancar, jangan putus asa dulu, karena sebenarnya terdapat banyak cara untuk memperlancar ASI, beberapa tips yang dipercaya dapat memperlancar ASI adalah sebagai berikut :

Tips Solusi ASI Lancar

1. Memijat Payudara

Hasil gambar untuk memijat payudara

Dengan melakukan pemijatan yang benar maka produksi ASi bisa meningkat.

2. Memompa ASI

Hasil gambar untuk Memompa ASI

Rajin memompa ASI akan membuat payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.

3. Menyusui setiap 2-3 jam

Hasil gambar untuk Menyusui

Dengan menyusui yang teratur juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi banyak Bunda, di mana jadwal menyusui yang teratur dapat membuat produksi ASI akan semakin terangsang.

4. Hindari stres

Hasil gambar untuk Hindari stres

Jauhkan pikiran dari stres, karena hal tersebut hanya akan membuat produksi ASI terganggu akibat dari hormon dalam tubuh yang tidak seimbang.

5. Makan makanan bergizi

Hasil gambar untuk Makan makanan bergizi

Makanan bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Maka dari itu setiap hari diperlukan tambahan asupan kalori 300 – 500.

6. Banyak mengosumsi air putih

Hasil gambar untuk air putih

Rutin dan cukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula (baik jus buah maupun sayur) juga akan memperbanyak ASI.

8. Memperbanyak makan kacang-kacangan

Hasil gambar untuk kacang kacangan

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, maka dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang.

Perlu diingat bahwa Bunda jangan membandingkan kelancaran ASI dengan Moms yang lainnya, karena tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Jadi, jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif, karena seberapa pun jumlah ASI yang diberikan, ASI tersebut akan memberi banyak manfaat untuk si Kecil.

Saya pribadi sangat bersyukur karena sebagai seorang mama bisa menyusui Meghan dengan ASI eksklusif sampai ia berusia 23 bulan. Tentunya itu semua karena niat dan semangat hingga saya bisa melakukannya.

8 . Meminum suplemen penambah ASI

Bisa meminum tambahan suplemen / Booster asi untuk penambah ASI seperti Madu ummi terdapat Kandungan Daun katuk Yang dapat memperlancar dan memperbanyak asi.

Ada salah satu penelitian yang sudah diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI tahun 2004 yang membuktikan bahwa daun katuk ini memang terbukti ampuh sebagai solusi ASI lancar. Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa ASI dari ibu yang mengonsumsi extra daun katuk lebih deras 50% dibandingkan dengan ASI tanpa extra daun katuk.

Kenapa bisa demikian? Karena kandungan dalam daun katuk itu banyak sekali, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin c, zat besi, kalsium dan yang terpenting terdapat kandungan galactagogue yang dipercaya dapat memicu meningkatkan produksi ASI.

Tapi perlu diingat, walaupun Bunda sudah makan sayur dan konsumsi daun katuk setiap hari, kalau teknik menyusui tidak benar atau bahkan jarang menyusui juga percuma karena jadinya tidak ada kerja sama antara Moms dan fungsi daun katuk ini. Dan solusi ASI lancar yang terpenting, air putih tetap jangan dilupakan serta Moms harus selalu happy jika ingin ASI selalu deras.

 

Semoga Bermanfaat.

 

Sumber Artikel : https://www.liputan6.com

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *