Bolehkah Mencampur ASI dengan Susu Formula?

Produk

Kebanyakan ibu masih bingung ketika dihadapkan dengan pertanyaan ‘bolehkah mencampur ASI dengan susu formula’.

Gambar terkait

Kebingungan ini bisa dimengerti karena mungkin pengetahuan mereka yang kurang. Karena itu, keputusan mencampur ASI dengan susu formula seringkali dilakukan karena memang mereka tidak tahu. Lalu bagaimana seharusnya yang tepat?

Yuk ikuti penjelasan dibawah ini, sehingga nantinya bunda semakin yakin untuk melakukannya atau tidak melakukannya.

Bolehkah Mencampur ASI dengan Susu Formula – Penyebab

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pertanyaan di atas, perlu diketahui dahulu apa yang menjadi penyebab para ibu memilih mencampur ASI dengan susu formula.

  1. Sibuk

Kesibukan menjadi salah satu alasan utamanya. Bagi ibu yang bekerja di luar rumah, memberi ASI yang optimal bagi bayinya menjadi kegiatan yang sulit. Penyesuaian waktu menjadi hal yang setiap hari diperjuangkan.

Karena ingin cepat berangkat kerja, jadilah keputusan mencampur ASI dengan susu formula menjadi sangat masuk akal.

  1. Jumlah ASI yang sedikit

Bagi para ibu, tentu berbeda-beda dalam hal produksi ASI. Ada yang produksinya banyak, ada juga yang sedikit. Bagi yang produksinya dalam jumlah banyak, tentu tak menjadi masalah.

Namun yang jumlah produksi ASI-nya sedikit, harus mencari cara lain yang efektif dalam mengatasinya.

Karena ditakutkan pengurangan nutrisi bila ASI tersebut dicampur dengan air putih, maka keputusan mencampurnya dengan susu formula menjadi lebih aman. Paling tidak seperti itulah pikiran mereka.

Baca Juga :
Beberapa Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI

Bolehkah Mencampur ASI dengan Susu Formula – Cara Mengatasi

Gambar Foto Bolehkah Mencampur ASI dengan Susu Formula Apa AlasannyaMelihat persoalan-persoalan di atas yang menjadi penyebab kegiatan mencampur ASI dengan susu formula, maka berikut ini disajikan beberapa tips untuk mengatasinya.

  1. Luangkan lebih banyak waktu untuk ASI perah.

Dewasa ini, bagi para ibu yang sibuk, memberikan ASI perah adalah kegiatan yang lumrah. Apalagi bagi para ibu pekerja yang sibuk.

Caranya adalah saat pagi hari sebelum berangkat kerja, sisihkan waktu untuk memompa ASI dan simpan dalam kulkas atau pendingin.

Ketika pulang kerja, berikanlah ASI tersebut pada bayi. Bisa juga diberikan oleh anggota keluarga yang tinggal bersama bayi di rumah.

  1. Beri ASI dulu, baru susu formula setelahnya.

Untuk masalah kurangnya produksi ASI oleh ibu, bisa diatasi dengan mencampurnya dengan susu formula.

Namun yang dianjurkan adalah memberi ASI terlebih dahulu, baru setelah itu baru berikanlah susu formula.

Berilah jeda waktu yang kira-kira cukup untuk bayi mencerna ASI tersebut, sebelum menambahkan susu formula. Jangan sampai bayi muntah atau tersedak. Tentu hal ini tidak diharapkan terjadi, bukan?

Selain itu, alasan untuk memberi jeda dalam pemberian susu formula adalah agar ASI tersebut tidak terbuang percuma. Katakanlah memberi ASI 50 ml lalu susu formula 50 ml juga setelahnya.

Baguslah jika bayi menerima dan menghabiskannya, namun bila tidak, tentulah sangat sayang terhadap ASI yang menjadi sia-sia tersebut.

  1. Mencampur susu ASI dengan susu formula secara bersamaan

Pilihan ini memang adalah alternatif yang paling mudah untuk dilakukan. Makanya tak jarang ibu melakukannya.

Namun seringkali ibu lupa bahwa ada perbedaan nutrisi antara ASI dengan susu formula. Sebanyak apapun susu formula yang diberikan, tentulah tak akan bisa menggantikan nutrisi yang terkandung dalam ASI.

Namun bila memang hal ini harus dilakukan, usahakanlah untuk memberikan pada bayi di atas usia sembilan minggu.

Baca Juga :

 

Ini untuk menghindari hal-hal yang mungkin dapat terjadi, yaitu gangguan pada ginjal dan perut bayi.

Juga, jangan abaikan proses memilih susu formula yang tepat. Setiap bayi jelas memiliki kecocokannya masing-masing terhadap susu formula.

Jadi bagi para ibu, jangan luput memperhatikan bahan apa saja yang terkandung dalam sebuah susu formula.

Itulah tadi pengetahuan tips dalam mengatasi beberapa masalah seputar ASI. Memang benar, mencampur ASI dengan susu formula tidak dilarang. Namun sebagai ibu, sudah sepatutnyalah memberikan yang terbaik bagi bayinya.

Sumber : Bolehkah.com

Madu Ummi Sebagai Pelancar ASI Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *