Ternyata, ini dia 6 alasan kenapa jerawat betah di wajahmu

Produk

Munculnya jerawat sangatlah mengganggu, tidak hanya sakit namun bisa menurunkan kepercayaan diri kita, apalagi jika jerawat yang muncul besar dan di tempat yang sangat menonjol, pasti bikin kita minder.

Jika ada penghargaan dengan kategori gangguan kulit paling menyebalkan, mungkin jerawat jadi juaranya. Beruntung, saat ini sudah ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah untuk diikuti.

Berbagai bahan, mulai dari bawang putih, madu, hingga lidah buaya, bisa kita manfaatkan, agar kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, menjalani pola hidup yang sehat, rupanya juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Ini dia Berbagai Kebiasaan Penyebab Jerawat
Waspadai beberapa kebiasaan berikut ini, karena tanpa disadari dapat menjadi penyebab munculnya jerawat:


1.Terlalu sering mencuci muka

Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Meskipun penting untuk menjaga kulit Anda tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat. Karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Sebagai gantinya, cuci muka di pagi hari saat bangun dan malam sebelum tidur.

2.Memencet jerawat

Mencoba menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat, justru dapat menyebabkan masalah baru pada kulit. Sebab saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Meskipun Anda sangat ingin memencet jerawat di wajah Anda, hindari kebiasaan ini. Perilaku tersebut dapat menyebabkan peningkatan radang karena meremas nanah di dalam kulit. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka. Sebaliknya, jauhkan tangan Anda dari wajah dan biarkan jerawat mengempis sendirinya dengan bantuan losion atau krim antijerawat.


3. Menggunakan telepon seluler (ponsel) yang kotor

Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka kotoran beserta bakteri yang sudah berkembang biak dapat kembali ke wajah.

Tanpa disadari perangkat seluler kecil ini adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat gaya baru. Mengapa? Karena semua kotoran dari layar handphone (yang telah Anda sentuh dengan jari kotor sepanjang hari) merembes ke wajah Anda setiap kali Anda menempelkannya ke wajah. Untuk mencegah jerawat, bersihkan bagian telepon yang paling banyak tersentuh oleh tangan dan wajah anda sesering mungkin, maka wajah akan terhindar dari jerawat dan tampak lebih bersih.


4.Menggunakan make-up berlebihan

Tidak hanya bahan-bahan dalam kebanyakan produk make up yang tidak baik untuk kulit Anda tapi juga ketika memakai make up itu berarti tangan menyentuh wajah Anda, yang semakin memperbesar resiko tumbuhnya jerawat. Hindari penggunaan make-up secara berlebihan. Gunakan obat jerawat sebelum menggunakan make-up, kemudian bersihkan menjelang tidur. Untuk kulit berjerawat, pilih make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Ada pula jenis make-up yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyembunyikan jerawat.

5.Terlalu banyak konsumsi makanan manis dan olahan

Hingga saat ini belum diketahui pasti makanan apa saja yang bisa menyebabkan jerawat. Namun, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih dan pasta, serta keripik kentang. Makanan dari produk susu juga sebaiknya dibatasi, karena diduga juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat.


6.Kurang telaten mengobati jerawat

Proses penyembuhan jerawat membutuhkan waktu beberapa minggu. Jerawat tidak dapat segera menghilang hanya dalam satu hari. Jika obat bebas untuk jerawat tidak dapat mengatasi masalah kulit berjerawat dalam waktu 2-4 minggu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Banyak orang berlomba-lomba untuk membasmi jerawat, banyak juga produk – produk kecantikan untuk membersihkan jerawat, namun tidak semuanya cocok untuk kulit kita, jika salah memilih produk bukannya bersih malah tambah banyak. salah satu solusi terbaik adalah menggunakan herbal sebagai obatnya, karena herbal tidak akan memberikan efek samping.

 

Gunakan Serbuk Bidara Untuk Perawatan Wajah
Di zаmаn Chinа kunо, daun bidara tеrnyаtа sudаh biаsа digunаkаn untuk mеmреrcаntik wаjаh. Daun bidara sаngаt еfеktif mеngаtаsi mаsаlаh jеrаwаt, dаn mаsаlаh реnuааn dini sереrti kеriрut аtаu lingkаrаn hitаm раdа bаgiаn mаtа.

Реnggunааn Serbuk daun bidara untuk mеrаwаt wаjаh cukuр mudаh, biаsаnyа digunаkаn mеnjаdi mаskеr. Cаrаnyа :
Tuangkan 1 sdm bubuk daun bidara larutkan dengan air panas sаmраi bеrubаh mеnjаdi раstа, gunаkаnlаh mаskеr daun bidara раdа реrmukааn wаjаh sаmраi rаtа. Diаmkаn sаmраi kеring, sеtеlаh itu bilаs wаjаh dеngаn mеnggunаkаn аir hаngаt sаmраi bеrsih.

Аgаr hаsil yаng didараtkаn lеbih mаksimаl, раkаilаh mаskеr daun bidara sеcаrа tеrаtur. Gunаkаnlаh duа kаli dаlаm sаtu minggu аgаr wаjаh mеnjаdi tаmраk lеbih bеrsеri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *