Jenis Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Produk

Setelah berpuasa 12 jam lebih, tubuh akan kekurangan energi  dan cairan. Oleh sebab itu ketika berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau gula dan memperbanyak asupan air putih. Tidak disarankan untuk langsung mengonsumsi makanan berat.

Makanlah makanan ringan terlebih dahulu seperti kurma, buah-buahan segar, dan lainnya, barulah selang beberapa menit kemudian atau 30-60 menit kedepan Anda dapat mengonsumsi hidangan utama, seperti nasi dan lauk pauknya.

Selain sunnah hal ini dilakukan agar tidak memperberat fungsi lambung Anda setelah lama beristirahat. Jika berlebihan saat berbuka justru akan membuat lemas dan perut tidak nyaman, yang dampaknya akan membuat Anda malas untuk bergerak dan beribadah.

Menu Buka Puasa Sehat

1. Kurma

Hasil gambar untuk kurma

Buka puasa yang sehat dapat diawali dengan mengonsumsi kurma. Kurma merupakan salah satu makanan manis dan serbaguna terbaik yang bisa mengatur proses pencernaan. Buah ini dapat secara signifikan meningkatkan energi pada orang-orang dalam waktu setengah jam setelah mengonsumsinya.

Oleh karena itu, berbuka puasa dengan makan kurma membantu menghindari makan berlebihan saat berbuka. Saat tubuh mulai menyerap nilai gizi tinggi dari kurma, perasaan lapar akan cukup teratasi. Selain itu juga, sistem saraf bisa mendapatkan banyak bantuan dari mengonsumsi kurma, karena buah ini memiliki jumlah potassium dalam jumlah besar.

Kurma kaya akan beberapa vitamin, mineral dan juga serat. Buah lezat ini juga mengandung minyak, kalsium, belerang, zat besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

2. Madu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Madu mudah diserap ke dalam aliran darah dalam waktu 10-15 menit, sehingga dapat memberi Anda energi instan. Madu juga berperan sebagai satu-satunya sumber energi saat berpuasa yang tidak akan memberatkan sistem pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi 200-250 gram madu selama puasa.

Selain memberi energi, madu juga memainkan peran penting dalam menenangkan sistem saraf tubuh kita saat puasa.

Menurut dr Raju,  yang dikutip dari naturalwaysofliving, tubuh kita membutuhkan 2.400 kalori per hari untuk bekerja normal. Dari 2400 kalori ini, 800 kalori dimanfaatkan oleh sel otak kita. Bila sel otak tidak mendapatkan 800 kalori ini, dimungkinkan Anda akan terkena sakit kepala atau menggigil. Pada 250 gram madu mengandung 800-850 kalori energi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi 250 gram madu saat berpuasa dapat menenangkan sel otak dan menghindari ketegangan.

Madu juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mengatasi gangguan pencernaan. Selengkapnya baca: Manfaat Madu

3. Air Putih

Gambar terkait

 

Tubuh akan mengalami dehidrasi ketika berpuasa, sehingga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan sulit untuk berkonsentrasi.

Tubuh terdiri dari sekitar 60-70% air, dan tubuh membutuhkan air untuk membuat sel baru dari semua jenis, termasuk sel darah, sel tulang dan sel kulit. Selain itu, setiap organ dan sistem tubuh memerlukan air untuk berfungsi dengan benar dan sehat. Demikian juga, minum cukup air membuat sistem limfatik Anda dalam kondisi prima sehingga limbah dan racun dikeluarkan dari tubuh Anda.

Air juga memberikan nutrisi ke sistem saraf, membantu transportasi darah oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel Anda, dan bahkan mampu membuat jantung tidak harus bekerja keras dalam memompa darah. Air juga dapat mengatur metabolisme tubuh, dan membantu pencernaan dan pengendalian suhu tubuh.

Oleh karena itu, minumlah air putih terlebih dahulu ketika berbuka, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dan mendapatkan berbagai manfaat lainnya. Ada banyak bahaya jika kekurangan air putih, simak: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

4. Buah-Buahan Segar

Hasil gambar untuk buah buahan

Menu buka puasa yang menyehatkan berikutnya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan segar. Hal ini sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna karena mengandung kaya serat.Selain itu juga vitamin A yang terkandung dalam buah-buahan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu mendukung penglihatan dan memfasilitasi sel darah merah dalam menyimpan dan membawa zat besi. Vitamin C didalamnya juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan hati. Juga terkandung kalium dan folat yang penting bagi kesehatan otak.Disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah ketika berbuka. Untuk mengatasi dehidrasi cobalah untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti, semangka, melon, jeruk, buah berry dan lainnya. Selain itu, konsumsilah juga buah yang mengandung banyak serat seperti pepaya atau pisang, untuk membantu mengenyangkan perut yang lapar dan mengembalikan energi yang terpakai ketika Anda berpuasa.

5. Sayur-Sayuran 

Hasil gambar untuk sayur sayuran

Sayuran adalah bagian penting dari makanan sehat yang menyediakan berbagai sumber nutrisi, termasuk kalium, serat, folat (asam folat) dan vitamin A, E dan C. Nutrisi dalam sayuran sangat penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah sehat. Serat makanan dari sayuran membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Folat (asam folat) membantu tubuh membentuk sel darah merah yang sehat.

Menjadikan sayuran sebagai menu buka puasa sehat sangat dianjurkan, karena sayuran mudah dicerna oleh tubuh.

Ketika berpuasa lambung beristirahat, sehingga ukurannya mengecil dan enzim pencernaan pun berkurang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna ketika berbuka, agar tidak memberatkan kerja lambung.

6. Ikan 

Hasil gambar untuk ikan segar

Menyajikan ikan dalam menu buka puasa sehat Anda merupakan hal yang bijak. Karena ikan merupakan salah satu makanan paling sehat yang sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Ikan juga merupakan sumber omega-3 asam lemak terbaik di dunia, yang sangat penting bagi tubuh dan otak Anda.

Hidangkanlah ikan sebagai pendamping nasi ketika Anda berbuka.

Jagalah selalu asupan gizi selama berpuasa dengan memilih makanan yang sehat sebagai hidangan, jangan berlebihan dan rutin konsumsi air putih. Lakukan pula olahraga sederhana agar kebugaran tubuh Anda selalu terjaga.

 

Sumber : Honestdoc

Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *