Kamu Wajib Tahu, Penyebab Mata Minus yang Tidak Kamu Sadari

Produk

Bagi sebagian orang memakai kacamata itu keren, berwibawa, perfeksionis. Namun memakai kacamata tidak selalu enak, apalagi jika mata kita rabun, pasti ada juga sebagian orang yang merasa jenuh, capek, lelah karena harus selalu pakai kacamata kemanapun kita pergi, penglihatan kita jadi sangat bergantung dengan kacamata.

Selain kacamata sebagian orang memilih memakai kontak lens, banyak kontak lens khusus untuk kita seseorang dengan mata rabun/minus. Selain sebagai alat bantu penglihatan kontak lens juga berfungsi sebagai penunjang penampilan, Namun tentu kontak lens juga mempunyai kelemahan, jika kita tidak pandai dan rajin menjaga kebersihan kontak lens kita, bisa mendatangkan penyakit yang cukup serius, bahkan kebutaan.

Satu contoh kasus  Salshabila Adriani, tempo hari dia berbagi pengalaman pahitnya yang hampir mengalami kebutaan karena pemakaian softlens. Dia mengaku mulai menggunakan softlens sejak 5 tahun ke belakang, dan ini pertama kalinya ia harus mengalami kejadian tidak menyenangkan. Mata kanannya memerah dan membengkak sehingga ia harus di larikan ke rumah sakit.

Pakai kacamata gak nyaman, pakai softlens lebih berbahaya, tentunya beruntung jika kita memiliki mata yang normal. Kita harus tau nih penyebab mata minus agar kita bisa mencegahnya.

1. Terlalu lama beraktivitas di dalam ruangan

Kebanyakan pencahayaan di dalam ruangan lebih gelap daripada pancaran sinar alami yang ada di luar. Kondisi ini kerap membuat mata menjadi lelah. Perlu diketahui bahwa, dengan menghabiskan waktu di luar ruangan bisa mengurangi risiko rabun jauh.

Tetapi, walaupun kegiatan mengharuskan kamu untuk melakukannya di dalam ruangan dalam jangka waktu yang lama, maka usahakan untuk mengatur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar mata kamu tidak rusak.

2. Sering Menggosok Mata

Kebiasaan buruk yang kerap dianggap sepele namun bisa menyebabkan terjadinya mata minus adalah sering menggosok mata. Terlalu sering menggogok mata bisa memicu konjungtivitas alergi dan infeksi mata.

Selain itu, menggosok mata yang terlalu sering dilakukan bisa menimbulkan risiko keratoconus, yaitu terjadinya penipisan dan pembentukan kembali kornea dari bentuk bulat ke kerucut. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap.

3.Membaca dan Bermain Gadget Terlalu Sering

Memiliki kebiasaan membaca dan bermain gadget di tempat yang gelap merupakan salah satu penyebab mata menjadi minus. Ditambah lagi dengan menatapnya terlalu dekat, bisa menambah risiko mata menjadi buram dan kemudian menjadi terganggu penglihatannya.

4. Melihat Layar Monitor Terlalu Dekat atau Lama

Penyebab mata minus selanjutnya adalah terlalu sering menatap layar monitor terlalu dekat dalam jangka waktu yang lama. Kebiasaan ini bisa membuat mata bekerja lebih keras lagi. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi lelah dan membuat fungsinya melemah. Apabila kebiasaan buruk ini sering kamu lakukan, tak heran risiko mata menjadi minus snagat mungkin terjadi.

5. Terlalu Sering Bergadang

Kebiasaan begadang, selain mengganggu kesehatan tubuh, juga bisa menurunkan fungsi mata secara penuh. Kurang mendapatkan tidur bisa menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata, yang pada akhirnya nanti dapat memicu mata minus.

Mencukupi istirahat dengan tidur 6 hingga 8 jam per harinya bisa membantu mata pulih kembali dari kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Selain itu, tidur mendapatkan tidur yang cukup juga bisa membantu menyediakan pelumasan mata secara signifikan sehingga dapat membersihkan akumulasi iritasi.

 

Pasti kita sering melakukan hal tersebut tanpa peduli apa akibatnya, mulai sekarang lebih baik kita kurangi untuk mencegah mata kita minus/ bertambah minus.

Untuk menyembuhkan mata minus bisa dilakukan dengan Honey Eyes, berasal dari madu murni yang telang melewati 5 kali proses penyaringan alami. Honey Eyes adalah madu khusus yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mengobati penyakit gangguan mata. Dapat digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa.⁣

Baca Juga : Madu, Berkhasiat Sepanjang Zaman

Benarkah ? Madu Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Apa Benar Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut?

sumber artikel :hot.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *