Madu Untuk Bayi Menurut Islam

Produk

Madu, siapa yang tidak tahu dengan herbal satu ini? Pastinya semua sudah tahu keistimewaan dari cairan berwarna coklat keemasan ini. Selain sebagai pemanis alami ternyata madu juga sering dijadikan sebagai obat.

Seperti yang diketahui jika dalam madu terdapat segudang nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi yang terdapat dalam madu diantaranya adalah zat besi, magnesium, zinc, glukosa, fruktosa, mineral, niasin, kalsium, riboflavin, serta asam fenolat yang berperan sebagai senyawa antioksidan.

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada madu membuat cairan yang berasal dari sari bunga ini digandrungi oleh banyak orang. Tak hanya orang dewasa saja ternyata nutrisi dalam madu juga sangat baik untuk kesehatan bayi.

Memberikan madu untuk bayi yang usianya dibawah 1 tahun memang masih menjadi kontoversial. Bagaimana tidak menurut beberapa ahli madu yang diambil langsung dari lebah tanpa melalui proses pengolahan mengandung kuman clostridium botulinum.

Gambar terkait

Bahkan dikatakan pula apabila kuman tersebut dapat menghambat sistem saraf bayi. Akan tetapi hal seperti itu memang jarang sekali terjadi. Bahkan dalam Al-Qur’an juga dijelaskan tentang keistimewaan pada madu.

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, didalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (Al-Qur’an Surah An-Nahl:69).

Seperti halnya orang dewasa Islam juga membolehkan bayi mengkonsumsi madu selama tidak mengganggu kesehatannya.

baca Juga :

 

Inilah manfaat madu untuk kesehatan bayi.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Hasil gambar untuk sistem kekebalan tubuh bayi

Sebuah penelitian telah membuktikan jika madu sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu madu juga bisa membantu dalam produksi sel imun seperti sel limfosit B, T dan sel natural killer . Ketiga sel tersebut berperan penting dalam pencegahan penyakit.

2. Mengatasi demam

Hasil gambar untuk demam pada bayi

Tingginya suhu tubuh bayi merupakan sebuah pertanda apabila tubuh si kecil sedang terserang penyakit. Penanganan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan madu.

Ya, dalam madu terdapat senyawa antiinflamasi yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh sekaligus mengoptimalkan respon kekebalan tubuh. Untuk hasil yang baik bunda bisa memberikan satu atau dua madu.

3. Mengatasi batuk

Hasil gambar untuk batuk pada bayi

Batuk bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, meski terlihat sederhana namun nyatanya penyakit satu ini sangatlah menyiksa si penderita. Oleh karena itu apabila si kecil sudah menunjukkan gejala batuk ada baiknya apabila bunda langsung memberi madu secukupnya.

Dalam madu terdapat senyawa antiviral dan aktif antibateri yang mampu meredakan batuk. Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang dokter dari Penn State College of Medicine pernah melakukan penelitian dengan melibatkan kurang lebih 100 anak.

Uniknya dalam penelitian tersebut dia hanya melibatkan anak yang usianya 2 sampai 8 tahun yang menderita batuk hingga infeksi saluran nafas. Dari hasil penelitian tersebut dokter memberikan mereka madu rutin selama sepekan.

Dan hasilnya batuk dan infeksi nafas mereka berangsur pulih. Hal ini dikarenakan dalam madu terdapat kandungan dextromethorpan.

Masyallah, luar biasa sekali herbal yang satu ini. Selain baik untuk kesehatan ternyata madu juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang sering menyerang anak-anak khususnya bayi.

 

 

 

 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *