7 Manfaat Extra Virgin Olive Oil

Pos

7 Manfaat Extra Virgin Olive Oil

كلوا الزيت وادهنوابه فإنه من شجرة مباركة

“Makanlah kalian buah/minyak zaitun dan olesilah tubuh kalian dengannya.Sesungguhnya dia dari pohon yang diberkahi”.(HR.At-Tirmizi&Ibnu Majah)

minyak zaitun
minyak zaitun

Minyak zaitun atau biasa dikenal dengan olive oil terbuat dari buah zaitun. Pohon zaitun biasanya tumbuh didaerah kering, seperti wilayah Timur tengah dan Afrika utara. Pohon zaitun bisanya tumbuh lambat, memiliki batang yang keriput dan bewarna abu-abu ramping dengan bentuk cabang yang pecah-pecah. Pertumbuhan dari pohon zaitun sendiri mampu tumbuh hingga 50 meter dan dapat hidup selama 500 tahun pada habitat alaminya. Olive oil sendiri diperoleh dengan cara mengekstraksi buah zaitun yang sudah tua hingga keluar sari minyaknya.

Virgin olive oil adalah minyak nabati dengan kandungan minyak tak jenuh yang sangat tinggi, terutama kandungan asam oleik dan polifenolnya. Sejak zaman dahulu oilve oil sudah terkenal dengan julukan “cairan emas” yang bermanfaat sebagai obat luar, untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai macam gangguan kulit dan rambut.

Extra virgin olive oil juga dapat dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Minyak zaitun murni memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang berguna bagi kesehatan :

Squalene
Zat besi.
Kalsium
Pottasium
Polifenol
Triglesida
Oleic Acid
Tokoferol
Senyawa fenolik
Vitamin A, B1, B2, C, D, E, dan K
Ada terdapat 3 jenis olive oil, yaitu :

Extra virgin olive oil – Jenis ini merupakan minyak zaitun yang paling murni dengan memiliki kadar keasidan 0.5-1 peratus. Ciri-ciri dari extra virgin olive oil adalah berwarna kehijauan dan memiliki aroma serta rasa yang jauh lebih tajam. Minyak jenis ini disarankan sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Jangan digunakan untuk menumis apalagi menggoreng karena extra virgin olive oil memiliki kandungan minyak yang rendah.

Berikut manfaat apa saja yang terdapat dalam extra virgin olive oil :

1. Dapat menjaga kesehatan jantung

2. Mengurangi rasa sakit pada payudara

3. Dapat dijadikan sebagai antioksidan

4. Mencegah konstipasi pada ibu hamil

5. Dapat memberikan kelembutan pada rambut

6. Dapat menjaga kesehatan bibir

7. Menjaga kesehatan kuku

8. Dapat dimanfaatkan sebagai lotion tubuh

9. Dapat menghilangkan rasa nyeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *