Menu Makanan Sehat untuk Bayi Usia 4-12 Bulan

Produk

Baiasanya bayi baru diberi makanan sampingan ASI saat usianya sudah memasuki 5 – 6 bulan. Akan tetapi perlu diperhatikan pula jika setiap bayi mempunyai kesiapan menerima makanan padat yang berbeda-beda.

Ada yang usia 4 bulan sudah siap namun ada yang usianya lebih dari 6 bulan baru bisa menerima makanan padat. Biasanya tanda-tanda bayi sudah siap mendapat makanan sampingan muncul secara otomatis saat usianya 4-6 bulan.

Pastikan jika makanan padat yang masuk ke perut si kecil ini mengandung banyak nutrisi. Jadi bagi para ibu tidak perlu terburu-buru memberikan makanan padat untuk buah hatinya. Terlebih jika si buah hati usianya belum ada 4 bulan.

Hasil gambar untuk makanan padat bayi

Sebab apabila kita terlalu dini memberikan makanan padat kepada si kecil besar kemungkinan akan terjadi gangguan kesehatan seperti alergi makanan, infeksi pernapasan hingga resiko obesitas (kelebihan berat badan).

Himbauan keras bagi para ibu menyusui untuk tidak memberikan makanan padat kepada buah hatinya yang usianya dibawah 4 bulan ini bukan tanpa alasan. Karena saat bayi berusia kurang dari 4 bulan si kecil belum memiliki kemampuan untuk menelan.

Selain itu sistem pencernaan si kecilpun juga belum siap untuk menerima makanan padat. Sebelum memberikan makanan padat untuk si kecil ada baiknya apabila ibu menyusui mengenal terlebih dahulu makanan padat yang seperti apa yang aman dikonsumsi oleh bayi berusia 4 – 12 bulan.

Baca Juga :

Yuk, simak menu  makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi bayi berusia 4 – 12 bulan.

  • Sayuran berdaun hijau gelap

Hasil gambar untuk sayuran berwarna hijau gelap

 

 

 

 

 

Bunda dirumah pastinya sudah tau jika sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam memiliki kandungan zat besi dan folat yang cukup tinggi.

  • Jeruk

Hasil gambar untuk jeruk

Selain sayuran hijau, ternyata buah-buahan seperti jeruk juga sangat baik untuk buah hati. Hal ini dikarenakan dalam buah jeruk mengandung vit.C dan zat antioksidan. Jeruk bisa anda jadikan sebagai camilan bagi si kecil.

  • Daging

Hasil gambar untuk daging

Mengkonsumsi daging ternyata sangat bagus untuk kesehatan si kecil. Karena didalam daging terdapat kandungan zat besi, zinc dan protein. Anda bisa merebus daging sampai teksturnya empuk kemudian potong kecil-kecil supaya mudah dikonsumsi oleh si kecil.

  • Labu

Hasil gambar untuk labu

Tekstur labu yang lembut dan mempunyai cita rasa manis membuat sayuran yang satu ini aman dikonsumsi oleh bayi berusia 4-12 bulan. Selain mempunyai rasa yang nimat ternyata labu juga mengandung vit.A dan C yang cukup tinggi.

Makanan padat bagi bayi yang baru berusia 4 – 12 bulan bukanlah sebuah kebutuhan. Makanan padat tersebut hanya dijadikan sebagai sampingan ASI saja. Jadi beri makanan padat kepada si kecil seperlunya saja.

Dan hindari makanan yang mengandung banyak gula serta perasa tambahan lain supaya si kecil tetap sehat dan asupan nutrisinya pun juga terjaga.

  • Konsumsi Madu Ummi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu kita harus memperhatikan kondisi kita sendiri atau para ibu dengan konsumsi suplemen atau vitamin , karena pada umumnya seorang ibu yang mempunyai balita 4-12 bulan sedang aktif-aktif nya .
Sehingga tenaga yang kita keluarkan ekstra.

Sehingga Asi yang di keluarkan tidak efektif , dan cenderung sedikit dan cair
Salah satunya cara agar asi kita lancar dan kental dengan konsumsi daun katuk, nah kebetulan madu ummi adalah salah satu solusinya.

Madu ummi ini diracik khus madu murni dengan herbal lainnya dengan segudang manfaat, yaitu dengan campuran daun katuk

Tahukan Kamu ????

 

 

 

 

 

Katuk merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai, cekur manis dan rau ngót. Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu.

 

 

Baca Juga : 5 Manfaat Madu Untuk Ibu Menyusui dan Bayinya

Cara Pemesanan

Info & Pemesanan
082116433366

Toko Online Shop
Shopee : https://shopee.co.id/rumahmaduindonesia2017
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/rumahmadu2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *