Ternyata Ini Sebabnya Asma Semakin Parah

Produk

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak (sulit bernapas). Jika dalam kondisi yang parah, asma dapat mengakibatkan penurunan aktivitas dan ketidakmampuan untuk berbicara.

asma dapat disebabkan oleh debu, asap rokok, bulu binatang , udara dingin, aktivitas fisik,  infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia. Namun, hingga kini penyebab dari asma belum diketahui secara pasti. Pengidap asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Karenanya, saat paru-paru terkena iritasi dari pemicu asma, maka otot saluran pernapasan jadi kaku dan menyempit. Pada pengidap asma, saluran pernapasan akan lebih sensitif, sehingga paru-paru yang terkena iritasi dari pemicu asma dapat menyebabkan otot saluran pernapasan. Produksi dahak meningkat, sehingga membuat kesulitan bernapas.

 

 

1. Tidak membersihkan tempat tinggal setidaknya sekali seminggu

Tungau debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan adalah beberapa pemicu asma yang paling umum. Jadi, jika Kamu tidak membersihkan lingkungan rumahmu secara rutin, jangan heran jika asmamu akan sering kambuh.

“Tungau debu, jamur, bulu hewan peliharaan, dan alergen lain dapat memicu respons peradangan yang membuat asma semakin buruk,” kata Sadia Benzaquen, M.D., seorang ahli paru-paru dan profesor di Departemen Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Cincinnati.

 

 

2. Kamu menggunakan pembersih rumah tangga yang sangat kuat, seperti pemutih dan amonia

Pada poin sebelumnya, cara terbaik untuk mencegah asma kambuh adalah dengan rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal. Namun demikian, Kamu juga tidak boleh sembarangan saat membersihkan rumah.

Hindari penggunaan pembersih rumah tangga yang terlalu keras seperti pemutih atau yang berbahan dasar amonia. Menurut AAAAI, Bahan-bahan pembersih ini bisa mengiritasi saluran pernapasanmu dan membuat asma semakin buruk.

 

 

3. Mengemudi mobil dengan kondisi kaca terbuka

Mengemudi mobil dengan kondisi kaca yang terbuka dapat menyebabkan asma kambuh. Saat kaca mobil terbuka, serbuk sari dan polusi akan dengan mudah masuk dan mengiritasi saluran pernapasanmu.

Jadi, jika Kamu memang menderita asma, pastikan untuk tidak sembarang membuka kaca mobil saat sedang di perjalanan dan lebih baik gunakan pendingin mobil.

 

 

4. Tidak menggunakan inhaler sebelum melakukan olahraga

Bagi para penderita asma, mengalami masalah pernapasan saat berolahraga adalah kondisi yang umum terjadi. Biasanya untuk kondisi asma yang dipicu oleh aktivitas fisik seperti berolahraga, dokter akan menyarankan penggunaan obat pra-latihan, seperti inhaler dengan beta agonis kerja pendek untuk membuka saluran pernapasan dan mengurangi risiko sesak napas selama berolahraga.

 

5. Sering berolahraga saat cuaca dingin

Orang dengan asma bisa mengalami kejang saluran pernapasan jika mengirup udara dingin dan kering. Jadi, jika Kamu adalah seorang dengan asma dan sering berolahraga saat cuaca dingin, maka bersiaplah untuk mengalami serangan asma.

Selain itu, usahakan juga untuk bernapas melalui hidung untuk membuat udara yang masuk ke saluran pernapasan lebih hangat. Kurangi juga latihan fisik yang terlalu intens ketika sedang menderita pilek atau infeksi pernapasan lainnya.

 

6. Terlalu stres

Stres bisa menjadi hal yang berat bagi siapa saja, namun ini bisa terasa lebih berat bagi para penderita asma. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan gejala asma semakin buruk.

Apabila Kamu menderita asma, maka penting untuk mengetahui cara yang tepat dalam mengendalikan stres. Salah satu cara untuk mengendalikan stres adalah membuat perencanaan yang matang dari segala hal yang akan Kamu lakukan. Selain itu, berikan waktu sejenak ketika Kamu merasa benar-benar lelah dan tertekan. Jika masih merasa kesulitan, jangan ragu untuk meminta saran dari dokter ataupun terapis.

 

Untuk menyembuhkan asma sangat lah susah, apalagi jika kondisi kita sedang parah, untuk menyembuhkannya diperlukan penanganan khusus, bahkan banyak kasus di negara berkembang penderita asma meninggal dunia. Untuk mencegah hal tersebut penderita asma bisa juga mengkonsumsi obat herbal alami seperti KCD (Kapsul Cuci Darah).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *