Lebah Apis Cerana, Si Lebah Langka Indonesia

Produk

Madu adalah salah satu makanan alami yang dicari untuk mengembalikan stamina dengan segera. Tidak hanya mengandung gula dan air, madu murni juga mengandung mineral, vitamin, dan bahan berkhasiat lainnya yang baik bagi tubuh.

Kita tentu tahu bahwa serangga yang menghasilkan madu adalah lebah. Namun populasi lebah makin turun, karena polusi udara, predator, berkurangnya sumber nektar, dan perubahan iklim. Turunnya populasi lebah tidak hanya akan mempengaruhi produksi madu, namun mempengaruhi kehidupan lebih dari itu.

Lebah Madu Apis cerana | Alamendah's Blog

Lebah berperan besar terhadap produksi pangan dunia. Sekitar sepertiga produksi tanaman dunia bergantung pada penyerbukan oleh dunia. Bahkan lebah merupakan polinator atau penyerbuk bagi lebih dari 70% tanaman dunia, tidak hanya untuk tanaman pangan. Beberapa tanaman yang bergantung pada penyerbukan oleh lebah adalah kapas, cengkeh, dan jambu mete.Baca juga : Keistimewaan Madu Murni

Mengenal Lebah Apis Cerana

1. Ciri Fisik

APIS DORSATA – ZERO NINE HONEY

Spesies lebah yang telah lama hidup di Indonesia adalah Apis cerana. Apis cerana memiliki fisik kecil. Ukuran rentang sayapnya hanya 7-9 milimeter. Ciri fisik lebah madu timur adalah warna tekstur di bagian perut yang tak terlalu tajam.

 

2. Koloni Lebah

Jual Bibit Koloni Lebah Apis Cerana di Lapak LAZUMASERA | Bukalapak

 

Meski secara fisik tidak jauh berbeda dari sepupunya – lebah madu Eropa (Apis mellifera) Apis cerana memiliki koloni lebih kecil. Satu koloni Apis cerana  memiliki berisi sekitar 6 ribu hingga 7 ribu lebah pekerja, sementara Apis mellifera bisa mencapai 50 ribu lebah pekerja.

 

3. Tempat Hidup

Topik 2. Lebah Madu. Buku Seri Iptek V Kehutanan - PDF Free DownloadDi alam bebas, lebah ini biasa hidup di lubang-lubang pohon sebagai sarang termasuk kayu bekas pohon tumbang. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Lantaran itulah, lebah ini biasa diternakkan. Selain menghasilkan madu, serangga ini membantu petani dalam proses penyerbukan tanaman.

Berbeda dengan Apis Dosarta yang  mampu membuat sarang 1 x 2 meter dengan madu sekitar 20 kilogram. Produksi madu untuk lebah jenis Apis Cerana ini hanya 6-12 kilogram per tahun untuk setiap koloni.

 

Madu nyiruan adalah salah satu hasil madu dari lebah ini. Daerah pengambilannya dari  Jawa Barat, yakni Soreang dan Pangandaran.

Mencari madu nyiruan? Kini tersedia di Lazada, mudah dan praktis lho!

Baca juga : Nutrisi dan Manfaat Madu untuk Menunjang Kesehatan

 

Sumber : tanilink.com, liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.