Tips Cegah Berat Badan Naik Usai Lebaran

Produk

Setelah berpuasa satu bulan penuh selama Ramadhan, banyak orang mungkin mengalami penurunan berat badan. Ini karena selama berpuasa sebulan, tubuh mengubah metabolismenya dengan memanfaatkan cadangan lemak tubuh. Namun biasanya, jarum timbangan yang ke arah kiri tersebut tidak berlangsung lama. Itu karena pasca Idul Fitri, banyak orang yang justru mengalami kenaikan berat badan.

Dikutip dari The Nest, saat kita berhenti berpuasa, metabolisme tubuh kembali berubah. Tubuh kembali menyimpan energi dengan menambah lemak tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat timbangan kita naik cukup signifikan setelah tidak lagi berpuasa. Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk tetap mempertahankan berat badan yang sudah baik atau menghindari kenaikan berat badan pasca lebaran.

Baca juga : Manfaat Luar Biasa Dari Buah Kurma Jika Dimakan Saat Sahur & Buka Puasa

1. Batasi Kalori

Tubuh Kekurangan Kalori, Apa Saja yang Bakal Terjadi? - Health Liputan6.com

Salah satu yang memicu lonjakan berat badan pasca lebaran adalah porsi makan yang mendadak bertambah banyak. Saat lebaran, jenis makanan dengan kalori tinggi juga turut menjadi biang kerok jarum timbangan ke arah kanan.

Untuk itu, Anda perlu membatasi jumlah kalori yang masuk saat lebaran tiba. Berdasarkan ulasan yang terbit dalam Journal of Research in Medicine Sciences tahun 2014 menunjukkan bahwa metode terbaik untuk menurunkan berat badan adalah membatasi asupan kalori berdasarkan rekomendasi harian.

2. Pilih Jenis Makanan Sehat

Pengertian, Contoh, Makanan 4 sehat 5 sempurna

Memilih jenis makanan yang sehatdengan menghindari jenis makanan dengan gula tinggi dan ultraproses seperti fast food atau junk food. Sebaiknya, banyak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan atau memilih makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging tanpa lemak, ikan, serta olahan susu rendah lemak.

3. Berhenti Makan Maksimal 2 Jam Sebelum Tidur

Manfaat dan Bahaya Makan Sebelum Tidur untuk KesehatanMenerapkan jadwal makan juga penting untuk mencegah tubuh mengalami kenaikan berat badan. Dirangkum dari Pop Sugar, berhenti makan paling tidak dua jam sebelum tidur mencegah kita untuk tidur dengan kelebihan kalori dalam perut. Selain itu, hal ini juga akan membuang kebiasaan untuk mengemil terus menerus sampai waktu menjelang waktu tidur.

4. Menurunkan Berat Badan dengan Teh

Ternyata Ini 8 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Untuk KesehatanDaun kelor dikenal kaya akan sejumlah vitamin dan mineral esensial dan juga dikatakan membantu memobilisasi lemak visceral yang tersimpan. Teh daun kelor kaya akan antioksidan, terutama polifenol atau senyawa tumbuhan di dalamnya.

Menurut buku ‘How To Lose Back Fat’ oleh Cynthia Trainer, “Manfaat teh daun kelor terbukti memiliki efek penurunan berat badan.” Ini karena daun kelor rendah lemak dan padat nutrisi serta dapat mudah dilihat sebagai alternatif makanan berkalori tinggi.

Jaga kesehatanmu selama lebaran dan selalu penuhi nutrisi tubuhmu dengan teh. Kini teh daun kelor tersedia dalam kemasan praktikyang dapat Anda temukan di Lazada, Shopee, Tokopedia.

 

Baca juga :

Hidup Sehat dengan Teh Bidara

Manfaat Teh Bidara untuk Kesehatan

 

Sumber : health.kompas.com, cnn indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.