Manfaat Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Pos

Manfaat Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Manfaat konsumsi Kurma saat sahur dan berbuka puasa menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadan atau puasa. Buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut ulasannya.

Kurma menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadan atau puasa. Tak disangka, buah yang berwarna kecokelatan dan manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jadi tak heran jika umat Islam sangat dianjurkan mengonsumsi kurma selama bulan puasa.

Manfaat Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Selama Ramadan, umat Islam disarankan menyediakan kurma di rumah karena kandungan vitamin, zat besi, kalsium, dan nutrisi lainnya sangat diperlukan tubuh. Sehingga, makanan ini diwajibkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai manfaat kurma saat sahur dan berbuka puasa.

1. Mengurangi Rasa Lapar

Kandungan serat dan gula yang dimiliki kurma dapat membantu mengurangi rasa lapar. Apalagi ketika dikonsumsi saat berbuka puasa, tubuh bisa menghindari asupan kalori berlebihan karena buah ini memiliki sifat mengenyangkan.

Jika dikonsumsi saat sahur, kandungan nutrisi yang ada pada kurma bisa menjadi cadangan energi ketika akan menjalankan puasa. Ketika berpuasa, sebaiknya Anda konsumsi 3 buah kurma saja, agar tubuh tidak menyerap banyak gula.

2. Menjaga Pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki kurma sangat baik untuk menjaga pencernaan dan bisa mencegah sembelit. Bahkan, ketika Anda sedang menjalankan puasa, kurma bisa membuat kenyang lebih lama.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, Manfaat Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa buah ini akan membantu menurunkan nafsu makan berlebihan saat berbuka puasa. Pasalnya, makanan yang memiliki serat dapat memadatkan feses dan melancarkan pencernaan, hingga menghindari sembelit dan diare.

Kandungan fenolik di dalam kurma juga berkhasiat membersihkan usus, sehingga dapat mencegah risiko kanker usus.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Dari berbagai penelitian menyebutkan kurma dapat membantu proses peradangan, seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. IL-6 ini dikaitkan dengan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer.

Buah kurma juga dapat mengurangi aktivitas protein beta amiloid. Zat itu bisa membentuk plak di otak dan menyebabkan kematian sel otak, jika kadarnya terlalu tinggi. Antioksidan flavonoid pada kurma dapat mengurangi peradangan di otak.

4. Mengontrol Gula Darah

Kurma memiliki kandungan fruktosa yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan gula dan serat, buah ini dapat mengontrol gula darah.

Serat dalam kurma dapat mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi. Buah ini sangat baik dikonsumsi siapa saja karena indeks glikemiknya rendah dan mencegah diabetes.

5. Menangkal Radikal Bebas

Buah ini kaya akan antioksidan yang berkhasiat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Kandungannya tersebut berperan untuk menjaga sel dan jaringan tubuh dari peradangan kronis yang memicu risiko penyakit berbahaya.

Flavonoid, asam fenolik, serta karotenoid pada kurma mampu mengatasi risiko jenis kanker. Sedangkan khusus karotenoid dapat mengurangi risiko gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

6. Sumber Energi Cadangan

Saat berpuasa tentu tubuh akan kekurangan asupan nutrisi. Namun jangan khawatir, kurma bisa menjadi solusi mencegah hal itu.

Jika Anda rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan buka puasa, kandungan glukosa yang ada dalam buah tersebut dapat memberi kalori yang cukup untuk dijadikan sumber energi tambahan tubuh. Energi ini akan bermanfaat membantu Anda menjalankan berbagai aktivitas harian.

Itulah Artikel Manfaat Konsumsi Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

tagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *